Apapun yang diberikan Allah kepada manusia pasti baik, namun tidak semua yang diinginkan manusia mengandung kebaikan

Kamis, 13 Juni 2013

Mengapa wudu disyariatkan diulang 3 kali


MENGAPA ISLAM MENSYARIATKAN WUDU DIULANG 3 KALI DAN
MEMBACA TASBIH, TAHMID DAN TAKBIR 33 KALI?

Oleh: Dr. La Jamaa, MHI

          
    Berdasarkan hadis para ulama menetapkan bahwa anggota wudu disunatkan dibasuh/disapu 3 kali. Pengulangan wudu sebanyak 3 kali sebagai bagian dari sunat wudu pada satu sisi harus diterima apa adanya, sebagai ta'abbudi (menjadi bentuk ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya). Oleh karena itu tidak perlu ditelaah nilai-nilai ta'aqquli (hikmah dan nilai rasionalitas)nya.
      Namun sejalan dengan spirit hadis Nabi Muhammad saw bahwa ad-dinu huwa al-'aqlu la dina li man la 'aqla lahu (agama Islam sejalan dengan rasionalitas dan tidak dianggap sempurna agamanya bagi orang yang tidak menggunakan akal/rasionya), ketentuan wudu yang disunatkan diulang 3 kali tersebut perlu dicermati lebih lanjut. Pertanyaan yang bisa muncul adalah mengapa pengulangan wudu bukan 4 kali atau 2 kali, mengapa 3 kali. Demikian pula zikir membaca tasbih, tahmid dan takbir yang biasa dibaca ba'da shalat lima waktu itu diulang 33 kali dan mengapa bukan 30 kali atau angka-angka lainnya?

    Anjuran Nabi Muhammad saw perlu dianalisis dalam rangka lebih memantapkan dan meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt, dan bukan bermaksud untuk meragukan kebenaran ajaran Islam.Tulisan ini menggunakan pendekatan matematika khususnya kuadrat angka-angka 3. Ilustrasinya seperti di bawah ini:
     
32 = 9
332 = 1089
3332 = 110889
33332 = 11108889
333332 = 111108889
3333332 = 111110888889
33333332 = 11111108888889
333333332 = 1111111088888889
3333333332 = 111111110888888889

     Dari data di atas dapat dilihat bahwa kuadrat angka 3 selalu berakhir pada angka 9, bahkan hasil kuadrat angka-angka 3 itu jika dijumlahkan maka akan berakhir pada angka 9 juga. Buktinya:

332 = 1089                          : 1+0+8+9 = 18,  1+8 = 9
3332 = 110889                    : 1+1+0+8+8+9 = 27,   2+7 = 9
33332 = 11108889              : 1+1+1+0+8+8+8+9 = 36,     3+6 = 9
333332 = 111108889          : 1+1+1+1+0+8+8+8+8+9 = 45,   4+5 = 9
3333332 = 111110888889  : 1+1+1+1+1+0+8+8+8+8+8+9 = 54,  5+4 = 9

    Di samping itu hasil kuadrat angka-angka 3 selalu berawal dari angka 1 dan berakhir dengan angka 9. Angka 1 simbol dari keesaan Allah dan angka 9 adalah simbol asmaul husna.
     Dengan demikian pensyariatan wudu diulang 3 kali mengandung pelajaran bahwa wudu merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, Zat Yang Maha Esa. Allah adalah mahasuci sehingga seorang hamba harus suci sebelum bermunajat kepada-Nya. Jelasnya, bahwa untuk mencapai kedekatan dengan Allah, seorang hamba harus mensucikan dirinya secara maksimal baik lahir dan batin serta dilakukan secara kontinyu. Sifat kontinyuitas itu ditunjukkan dengan adanya kewajiban berwudu setiap seseorang berada dalam kondisi hadas. Itu bermakna pula, bahwa usaha mensucikan diri dari hadas fisik dan rohani idealnya dilakukan secara terus-menerus seiring dengan memudarnya kesucian yang disebabkan oleh hadas fisik (hadas kecil) dan hadas rohani (dosa) yang bersangkutan.

      Allah memiliki 99 nama yang agung (asmaul husna). Berzikir membaca tasbih, tahmid dan takbir diulang 33 kali erat kaitannya dengan upaya penyegaran pikiran dan hati kepada Allah. Karena hati dan pikiran manusia senantiasa berubah baik menuju kepada dimensi ketakwaanl maupun mengarah ke dimensi fujur (kemaksiatan). 

Wudu itu sendiri memiliki kaitannya dengan usaha pembersihan anggota badan yang memiliki peranan penting dalam tutur kata dan perbuatan manusia yang dilakukan oleh tangan, mulut, mata, telinga, otak dan kaki. Dalam realitasnya aktivitas yang diperankan oleh tangan tak selamanya melakukan perbuatan kebajikan namun tangan sering digunakan untuk memegang/menyentuh tangan yang haram disentuh, mengambil barang yang haram diambil (dari milik orang lain) dan memberikan barang haram kepada orang lain. Mulut tak selamanya mengucapkan kata-kata yang baik dan bijak serta bermanfaat bagi dirinya dan orang lain, namun mulut juga sering mengeluarkan kata-kata yang menyakiti hati orang lain bahkan mengeluarkan kata-kata yang menghasut dan memprovokasi orang/kelompok lain sehingga terjadi pertikaian dan pembunuhan. Mata yang terletak pada wajah juga memiliki peran dalam kebaikan dan kejahatan. Mata tak selamanya digunakan untuk melihat hal-hal yang baik, membaca hal-hal yang bermanfaat namun seringkali mata digunakan untuk melihat hal-hal tercela dan dosa. Otak yang terletak di kepala juga tak hanya memilikirkan hal-hal yang maslahat bagi manusia dan kemanusiaan namun otak (akal) disalahgunakan untuk memperdaya, menipu dan merencanakan tindakan-tindakan jahat yang bisa membahayakan orang lain dan bahkan bisa mengakibatkan pembunuhan. Telinga yang seharusnya dimanfaatkan untuk mendengarkan ayat-ayat Allah, nasehat kebajikan serta ilmu pengetahuan untuk kemaslahatan manusia dan kemanusiaan namun telinga justru terkadang disalahgunakan untuk mendengarkan nyanyian yang melalaikan dari zikir kepada Allah, mendengarkan  provokasi, serta kata-kata yang bernuansa dosa. Begitu juga kaki seringkali dilangkahkan ke tempat maksiat. 

        Dalam konteks itu Nabi saw menginformasikan nilai spiritual wudu yakni membersihkan dosa-dosa kecil yang terlanjur dilakukan oleh anggota-anggota wudu tersebut. Sehingga sekiranya manusia bisa melihat kotoran dosa yang mengalir bersama sisa-sisa air wudu, maka mereka akan merasa jijik. Maksudnya, bahwa menurut informasi Nabi saw, dosa-dosa kecil yang dilakukan seseorang muslim akan keluar dan mengalir bersama sisa-sisa air wudu.

     Dengan demikian Nabi Muhammad saw menganjurkan umat Islam membasuh anggota wudu 3 kali dan membaca tasbih, tahmid dan takbir 33 kali tersebut bukanlah suatu kebetulan yang tanpa makna. Namun sebaliknya, angka-angka tersebut memiliki nilai transenden (nilai ilahiah). Sehingga umat Islam senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaaan, baik melalui ayat yang tertulis maupun ayat yang tak tertulis. Hal itu menunjukkan, bahwa integrasi antara Islam dan sains adalah merupakan suatu keniscayaan, bahkan dalam hal-hal muamalah justru merupakan suatu keharusan terutama dalam konteks kekinian. 

Wallahu a'lam bi shawab.


Catatan Tambahan:


Bagi yang berminat mengkaji, meneliti atau mendampingi korban kekerasan dalam rumah tangga khususnya perlindungan korban kekerasan dalam rumah tangga, baik dalam perspektif hukum pidana Indonesia maupun hukum Islam, dapat membaca buku saya yang berjudul "PROTECTION OF THE RIGHTS OF DOMESTIC VIOLENCE VICTIMS:  Perspective Indonesian Criminal Law and Islamic Law," yang diterbitkan oleh LAP- Lambert Academic Publishing, Jerman. 
Buku tersebut dapat dibeli di toko buku online, Morebooks, mitra Penerbit Lambert Academic Publishing Jerman seharga 59,90 Euro. Untuk jelasnya dapat dilihat pada laman berikut ini:
 ttps://www.morebooks.de/store/de/book/protection-of-the-rights-of-domestic-violence-victims/isbn/978-3-8484-8749-3

 


129 komentar:

  1. jika seandainya wudu di syariatkan 3 kali apakah dengan tanpa niat wudu yang dilakukan mampu menghapus dosa2 kecil yang terlanjur dilakukan oleh anggota2 wudu tersebut seperti yang didasarkan pada nilai spritual yang diinformasikan oleh Nabi Muhammad SAW ?

    oleh : Marsita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika tidak disertai niat berwudu maka itu bukan wudu melainkan hanya membersihkan anggota-anggota badan sperti biasa. Sebab itu tak akan memberikan pengaruh dalam menghapus dosa-dosa kecil yg dilakukannya. Niat itu yg memberi nilai spiritual dalam berwudu.

      Hapus
  2. mengapa dalam penjelasan wudhu terkadang pembasuhan leher tidak diwajibkan tetapi sunah, dimana bisa dilakukan maupun tidak ?

    oleh : Musraf Wabula

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada hadis yg menginformasikan Nabi saw pernah membasuh lehernya saat berwudu. Karena itu lbh baik tidak membasuh leher saat berwudu. Kuatir bisa mengarah kpd bid'ah sebab wudu merupakan ibadah mahdah sehingga tidak bisa ditambah atau dikurangi dr ketentuan yang dicontohkan oleh Nabi saw

      Hapus
  3. kenapa pada saat melakukan wudu dan zikir hrus menggunakan angka - angka ganjil bukan menggunakan angka - angka genap dan apakah dalam melakukan wudu harus mengalami penggulangan 3 kali , dan pada sat melakukan zikir harus mengalami pengulangan 33 kali

    oleh irna hasri
    NIM : 201214229

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut informasi hadis bahwa Allah cinta kepada angka ganjil. Wallahu a'lam

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  4. Apakah tidak ada dalil/ ayat yang bisa memperkuat bahwa wudu diulang 3 kali dan kenapa hanya berpatokan pada hadist nabi?

    oleh Fadilah suyuti
    NIM : 201214218

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. dalam Al qur'an pasti ada dalil/ayat yang menjelaskan tentang wudhu. Karena segala perkara agama itu sumber hukum utamanya adalah Al qur'an, sedang Al hadis adalah sumber hukum kedua setelah Al qur'an, dan hadis hanyalah sebagai penjelas dari Al qur'an

      Hapus
    3. Rukun wudu memang dijelaskan dalam al-Qur'an. Penjelasan hadis berkaitan dengan sunnat wudu.

      Hapus
    4. perintah wudhu ada pada QS. Al-Maidah : 6.

      Hapus
  5. Berdasarkan pertanyaan yang bisa muncul adalah mengapa pengulangan wudu bukan 4 kali atau 2 kali, mengapa 3 kali.

    jawab:

    karena hasil kuadrat angka-angka 3 selalu berawal dari angka 1 dan berakhir dengan angka 9. Angka 1 merupakan simbol dari keesaan Allah dan angka 9 adalah simbol asmaul husna.
    Dengan demikian pensyariatan wudu diulang 3 kali mengandung pelajaran bahwa wudu merupakan sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah, Zat Yang Maha Esa.
    Kemudian jika kita mengulang wudu lebih dari 3 kali ( sampai 4 kali ) di takutkan terlalu boros, karena bukan hanya kita saja yang menggunakan air tetapi masih ada orang lain yang ingin berwudu.
    sebagaimana yang di jelaskan dalam hadist di bawah:

    Dari Abdullah bin Mughaffal Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

    إِنَّهُ سَيَكُونُ فِي هَذِهِ الْأُمَّةِ قَوْمٌ يَعْتَدُونَ فِي الطَّهُورِ وَالدُّعَاءِ

    “Akan muncul dari umatku sekelompok kaum yang berlebihan dalam bersuci dan berdoa.” (HR. Ahmad 20554, Abu Daud 96, Ibnu Majah 3864, Syuaib Al-Arnauth menilai hadis ini hasan).

    Berikut Diantara Makna Berlebihan Dalam Bersuci

    Pertama, mengulang-ulang gerakan wudhu lebih dari tiga kali. Misalnya, mencuci wajah lebih dari 3 kali, tangan lebih dari 3 kali, dst.

    Dari sahabat Abdullah bin Amr bin ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, beliau menceritakan,

    جَاءَ أَعْرَابِيٌّ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْأَلُهُ عَنِ الْوُضُوءِ، فَأَرَاهُ الْوُضُوءَ ثَلَاثًا ثَلَاثًا، ثُمَّ قَالَ: «هَكَذَا الْوُضُوءُ، فَمَنْ زَادَ عَلَى هَذَا فَقَدْ أَسَاءَ وَتَعَدَّى وَظَلَمَ»

    Suatu ketika datang seorang badui menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan bertanya tentang tata cara wudhu. Beliaupun mengajarinya tata cara wudhu 3 kali – 3 kali. Kemudian beliau bersabda,

    “Seperti ini wudhu yang benar. Siapa yang nambahi lebih dari tiga, dia telah berbuat salah, melampaui batas, dan bertindak zalim.” (HR. Ahmad 6684, Nasai 140, dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

    Kedua, terlalu banyak menggunakan air

    Dalam Fatawa Syabakah Islamiyah dinyatakan,

    وأما الاعتداء في الوضوء فمعناه تجاوز الحد فيه بأن يسرف في استعمال الماء أو يزيد في عدد الغسل عن الثلاث، قال العيني في شرح أبي داود: وأما الاعتداء في الطهور أن يسرف في الماء، بأن يكثر صبه أو يزيد في الأعداد. انتهى.

    Makna berlebihan dalam berwudhu adalah melampaui batas ketika berwudhu, dengan bersikap boros dalam menggunakan air atau mencuci lebih dari 3 kali. Al-Hafidz al-Aini mengatakan dalam Syarh Abu Daud,

    ‘Bentuk melampaui batas dalam bersuci adalah terlalu boros menggunakan air, misalnya banyak mengguyurkan air ke anggota wudhu atau mencuci anggota wudhu lebih dari bilangan (3 kali).’

    Kesalahan semacam ini, umumnya dilakukan oleh mereka yang terjangkiti penyakit was-was dalam beribadah. Karena itulah, islam mengajarkan kepada kita untuk berusaha menghindari penyakit ini.

    Allahu a’lam


    BalasHapus
    Balasan
    1. Jazakallahu khairan jaza Dirla atas sharing ilmunya. Ketentuan wudu ini jg mengandung pelajaran kpd kita bhwa Islam tidak mentolerir sikap lebay (berlebihan) dalam semua hal termasuk dalam beribadah. Di samping itu ketentuan ini mengajarkan prinsip ketaatan (sami'na wa tha'na) kepada perintah Allah dan Rasul-Nya.

      Hapus
  6. 1. kenapa sehingga pada waktu mengambil air wudu ituharus dimulai dari mulut dari pada anggota yang lain,jelaskan ?

    2. apakah yang harus dilakukan apabila seseorang itu mengambil wudu lebih dari 3 kali pada etiap anggota tubuh dan apa faedahnya! jelaskan?


    oleh Ali Imran Talahatu
    NPM: 201214255

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anggota wudu yg pertama wajib dibasuh adalah wajah. Pada ada mata, hidup. Mata memiliki fungsi melihat. Dalam realitas kehidupan mata tak hanya melihat hal-hal yang bermanfaat, baik namun tanpa disadari atau disadari telah melihat hal-hal yang dilarang. Sehingga dosa-dosa kecil melalui wudu kesalahan melalui mata dpt dihapus

      Hapus
    2. Membasuh/menyapu anggota wudu lebih dari 3 kali menyalahi sunnah Nabi saw karena itu bisa dikategorikan makruh bahkan bs haram jika melampaui batas apalagi jk persediaan air sangat sedikit. Dengan demikian tindakan itu tidak ada manfaatnya, sebab telah masuk kategori berlebihan. Sikap berlebihan dilarang oleh Allah

      Hapus
  7. mengapa dalam gerakan wudu tidak semuanya wajib tapi ada jua yang sunah ?


    oleh Jusmila Bugis
    NPM : 201214226

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hukum Islam memadukan antara ketentuan wajib (tidak ada pilihan bagi manusia untuk meninggalkannya) dan ketentuan yg memberikan pilihan antara dilakukan atau tidak. Dengan demikian Islam sistem keseimbangan, antara ketegasan (wajib) dan kebebasan memilih.

      Hapus
  8. mengapa dzikir diulang 33 kali sedangkan pada wudu hanya 3 kali ?

    oleh Umy waly
    NPM : 2012142

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh kalau anggota wudu harus diulang 33 kali akan memberatkan. Bisa-bisa orang tidak mau salat. Disunatkan 3 kali sj banyak orang Islam yang enggan salat.

      Hapus
  9. jelaskan mengapa wudu itu hanya 3 kali ,kenapa tidak lebih dari itu ??


    oleh Erna Tuheitu
    NPM : 2012142

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari sisi ta'abbudi, ketentuan 3 kali tsb harus diterima apa adanya. Namun dari sisi ta'aqquli (rasio) mengulang membasuh anggota wudu lebih 3 kali adalah mubazir.

      Hapus
  10. Rasulullah ada karena islam,olehnya itu umat islam dianjurkan untuk , mengikuti semua ajaran dan sunahnya,terkait dengan anjuran mengapa wudu diharuskan dan diulangi 3 kali ? ini juga merupakan salah satu sunnah yang dianjurkan oleh Rasulullah untuk dijadikan sarana mendekatkan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT yang memiliki 99 nama yang agung. selain itu,anjuran wudhu dilakukan 3 kali ini juga, untuk menyakinkan seseorang hamba agar bersuci sebelum bermunajat kepadanya .pendapat saya apabila whudu dilakukan 1 kali,ini belum maksimal,2 kali sudah mendapatkan hasil yang dikatakan cukup dan untuk menyakinkan seseorang maka dianjurkan untuk diadakan 3 kali.ini juga merupakan salah satu sunah dalam sholat yang dianjurkan membaca 3 kali.semua bilangan akan mndapatkanangka yang sama jika dipangkatkan 2
    Sehingga mengapa wudu dilakukan 3 kali,merupakan sunnah rasul yang wajib diikuti oleh kaumnya sebagai suri tauladan didunia dan akhirat.
    wallahu a'lam bishawab.


    oleh Anwar Ely
    NPM : 201214231



    oleh Anwar Ely
    NPM : 201214231

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengulangan 3 kali disunatkan juga dalam beberapa bacaan sunat dalam shalat seperti tasbih saat ruku, sujud, doa duduk antara dua sujud. Secara ta'abbudi kita dianjurkan mengikutinya sebagai bagian dari ketaatan terhadap Allah dan Rasul-Nya.

      Hapus
  11. bismillah,,,,
    asslamua'laikum,,warahmatullah,,wabarokatuh,,,,
    1. mengapa dalam wudhu ada bagian-bagian yang di basuh dan di usap,,,??
    2. mengapa dalam bertasbih,tahmid, dan tahlil selalu pada angka ganjil atau sering muncul angka 3 dan 9 ?
    3. bagaimana bila di tinjau dari sisi sains angka-angka ganjil yang selalu di temukan dalam tasbih,tahmid, dan tahlil dan ayat/ hadist apa yang mendasari hal tersebut

    oleh : alfa yulianti souwakil
    NIM : 201214264

    BalasHapus
  12. 1. apa manfaatnya ketika kita bertasbih,tahmid, dan tahlil dengan menggunakan angka ganjil dan bagaimana jika kita menggunakan bilangan yang genap,,??
    2. apakah sama nilai pahala orang yang melakukan wudhu dengan air dan dengan cara tayammum,?

    oleh : muhammad saputra booy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika bertasbih, tahmid dan tahlil dengan angka ganjil (33 kali) selain mendapat pahala dari bacaan zikir itu juga akan mendapat tambahan kebaikan (pahala) dari mengikuti sunnah Nabi saw atau nilai ketaatan dalam mengikuti suri teladan kepada Nabi saw.

      Pahala wudu dengan air akan sama nilainya dengan tayammum yg dilakukan dalam kondisi tdk ada air atau dalam kondisi sakit parah. Karena kedua-duanya dilakukan berdasarkan ketentuan syariat

      Hapus
    2. 1. apa manfaatnya ketika kita bertasbih,tahmid, dan tahlil dengan menggunakan angka ganjil dan bagaimana jika kita menggunakan bilangan yang genap,,??
      jawabnya :
      sebenarnya tidak ada manfaatnya mau menggunakan angka ganjil dan genap selain manfaat kebaikan dan taqwa serta mendapat pahala. bahkan semakin banyak malah semakin baik. apakah menggunakan angka ganjil nanti tuhan akan dekat dan kalau menggunakan angka genap Tuhan akan lari dari zikir_mu ? tentu tidak ... sebenarnya angka2 itu hanyaLah cara Tuhan untuk mengajak manusia untuk memikirkan tanda2 kebesaran_Nya.

      2. Apakah sama nilai pahala orang yang melakukan wudhu dengan air dan dengan cara tayammum..?
      Jawab :
      Yang menentukan niLai pahala itu bukan manusia tetapi Tuhan, kita hanya diberi perintah berwudhu pake air kalau tak ada air ya tayamum. dan sudah tentu Tuhan punya maksud lain di balik perintah_Nya itu. kita manusia hanya bisa taat dan patuh kepada apa yang sudah diperintahkan.

      Hapus
  13. Seperti yang telah bpk paparkan di atas bahwa
    ' Wudu itu sendiri memiliki kaitannya dengan usaha pembersihan anggota badan yang memiliki peranan penting dalam tutur kata dan perbuatan manusia yang dilakukan oleh tangan, mulut, mata, telinga, otak dan kaki. "
    Akan tetapi bukankah dalam wudhu mata dan otak tidak di basuh atau terkena air wudhu ?? terus bagaimana dosa yang telah dilakukan dgn mata dan otak itu bisa terhapus seperti dosa2 yang dilakukan oleh anggota tubuh yang lain yang bisa terhapus dgn air wudhu sedangkan mata dan otak tidak dibasuh ketika kita berwudhu ??

    Oleh : Asiyah Laitupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membasuh wajah sebenarnya erat kaitannya dengan membersihkan kotoran dosa kecil yg dilakukan mata. Sedangkan menyapu sebagian kepala erat kaitannya dengan membersihkan kotoran dosa yg dilakukan oleh otak. Bukankah tindakan dosa terlebih dahulu dipikirkan melalui kerja otak

      Hapus
    2. sebenarnya faidah wudhu itu bukan saja pada upaya pembersihan jasad dari kotoran zahir yang nampak ... bahkan jauh dari itu upaya sesungguhnya adaLah ada pada pembersihan batin, Islam itu agama yang sempurna bukan saja memperhatikan aspek2 zahir yang kasat mata melainkan juga mencakup aspek batiniah, artinya secara syariat kita mencuci anggota-anggota tubuh plus secara batiniah kita membersihkan jiwa dari kotoran yang melekat. sebab najis batin itu adanya pada batin manusia .. hatta jasadmu suci tetapi jika batinmu kotor mana mungkin Tuhan akan memandang kepada engkau ? jadi intinya syariat jangan dilepaskan dari perspektif hakikat sebab ibadah apapun itu selalu esa antara lahir dan batinnya. pasti disana ada benang merahnya.
      hanya Allah saja Yang Maha Tahu

      Hapus
  14. bagaimana jika dalam berwudhu untuk shalat kita mengalami kesalahan sebanyak tiga kali apakah sudah tidak bisa kita wdhu untuk yang keempat kalinya dan apakah bisa diganti dengan tayamum untuk yang keempat kalinya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika salah dalam berwudu (tidak membasuh) anggota wudu yg menjd rukun wudu, boleh diulang. Tp tentunya jk lupa sampai 3 kali adalah kejadian yg tdk lumrah kecuali org yg baru belajar wudu (anak-anak)

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. Secara umum wudhu yang kita kenal adalah :
    Mencuci tangan sampai pergelangan tangan, berkumur, membersihkan hidung, mencuci muka, mencuci lengan tangan, membasuh kepala (depan ), membersihkaan telinga, membersihkan kaki sampai kedua mata kaki.
    Yang semuanya itu diulang tiga kali dengan dimulai bagian kanan terlebih dahulu baru dilanjutkan bagian kiri. Mengapa kita diperintahkan seperti itu oleh Allah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kanan adalah simbol kebaikan, bahkan orang-orang ahli surga yg diberikan catatan amalnya dr arah kanan. Sedangkan kiri adalah simbol keburukan. Calon ahli neraka akan diberikan catatan amal dr arah kiri.

      Hapus
  17. dalam membersihkan hadas kecil bukankah lebih baik dengan mandi karena dengan mandi bisa lebih bersih, tapi kenapa dianjurkan dengan dengan berwudhu ?

    Oleh : Ode Alfiah Raali
    Nim : 201214263

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaupun mandi lebih membersihkan badan namun mandi adalah aktivitas rutinitas (keduniaan) yg tak bernilai spiritual. Kecuali mandi junub sebab mandi junub ada niatnya untuk menghilangkan hadas besar karena taat kepada Allah.
      Lalu mengapa hadas kecil hanya dihilangkan dengan wudu, mengapa tidak harus dengan mandi?
      Alasannya adalah jika hadas kecil harus dihilangkan dgn mandi maka akan sangat menyulitkan umat Islam. Anda bs bayangkan setiap mu shalat harus mandi. Dr sisi ekonomi, ketersediaan air akan membebani persediaan air. Dari sisi kesehatan jg kurang baik jk harus mandi 5 kali sehari. Hal itu bs ditelaah dr pernyataan Allah setelah menjelaskan ayat wudu, bahwa Allah tdk menghendaki kesulitan bagi umat Islam

      Hapus
  18. bagaimana jika dalam shalat tiba-tiba kita kentut kenapa kita harus berwudhu padahal bagian tubuh yang keluar hadas itu ialah dubur, kenapa tidak dubur saja yang dibersihkan melainkan harus berwudhu?

    Oleh : Selvina Wagola
    Nim : 201214204

    O

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wudu adalah untuk membersihkan hadas kecil. Buang angin hanyalah salah satu penyebab hadas kecil. Membersihakn dubur adalah untuk membersihkan najis melalui istinja.
      Jadi istinja untuk membersihkan najis sedangkan wudu untuk menghilangkan hadas.
      Hadas berbeda dengan najis. Karena itu cara membersihkannya jg berbeda. Wallahu a'lam

      Hapus
  19. apakah berbicara pada saat berwudhu bisa membatalkan wudhu..?

    Oleh : Indra Agustian
    Nim :

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbicara saat berwudu tak membatalkan wudu. Karena tdk ada hadis yg menyebutkan hal itu. Hanya dianggap kurang etis jk berbicara saat berwudu kecuali ada keperluan penting

      Hapus
  20. Assalamualaikum wr.wb,,,,,,,,,

    Bagaimana jika pada saat kita berwudu kita sudah membasuhnya sebanyak 3 kali, namun terkadang masih timbul keraguan, apakah airnya sudah merata atau belum, sehingga sesekali kita melebihkan hingga kita yakin airnya sudah merata mengalir ke anggota badan yang kita basuh,,,
    mohon penjelasannya pak,,,!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Melebihkan basuhan/sapuan saat berwudu boleh saja apalagi jika dimaksudkan untuk menghilangkan keraguan. Karena keragu-raguan itu sendiri harus dihindari atau dihilangkan.

      Hapus
  21. karena itu sudah menjadi ketentuan dalam syariat islam dan diulangi 3 kali itu agar supaya menghilang keraguan dalam diri seseorang untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT...

    wallahu alam........................................



    oleh Hajar Latuconsina

    NPM:201214252

    BalasHapus
  22. dengan pengulangan 3 kali apakah sudah menjamin kalau kita sudah
    benar -benar suci/bersih ???




    oleh Gusti Ayu setiasih
    NPM : 201214107

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro... tugas_mu cuma satu wudhu sesuai sunnah rasul, kalau rasul menyuruh_mu 3 kali yaaa... tiga kaLi masalah jaminan suci atau tidak suci tergantung perasaan_mu... sama dengan cebok saat buang air besar... saya tanya siapa yang menyuruh_mu berhenti saat engkau sudah merasa bersih ? jawabannya adaLah dirimu sendiri. bukan kawan di sebeLah_mu. jadi intinya kalau sudah merasa bersih maka bersihLah itu ... begitu saja repotnya luar biasa...!!!

      Hapus
  23. mengapa angka 9 ditetapkan dalam asma-ul husna????



    oleh Mulyadi Umasagaji
    NPM: 201214249

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa hal dalam Islam yang dimana "KITA HANYA WAJIB MENGIMANINYA" salah satunya seperti tafsir kalimat "ALIF LAM MIIM" dalam Al-Quran.
      Wallahu A'lam Bishawab

      Hapus
  24. mengapa disaat wudu itu seseorang memandang kiri dan kekanan sambil berbicara,apakah itu diperbolehkan atau tidak??


    oleh Siti Hairia Loilatu
    NPM : 201214253

    BalasHapus
  25. telah banyak penjelasan yang di jelaskan oleh bpak maupun teman2... dalam hal wudhu setiap pribadi yang melakukannya dngan niat otomatis air yang digunakan itu mampu menhapus dosa2 yang telah di perbuat olet seluruh anggota tubuh yang pernah dilakukan sebelumnya..
    pertanyaannya : apakah wudhu dengan arti mensucikan bisa dijadikan sebagai cara mensucikan diri dari dosa dengan niat yang tulus dalam berwudhu, tetpi wudhu yang dilakukan bkan niat untuk sholat tetapi hanya sekedar mensucikan diri dari najis pada badan yang memang membutuhkan ?

    by hajara wailusu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh saja, bahkan seorng muslim/ah disarankan agar menjaga wudhunya, sebagaimana keterangan yang diambil dari hadits bahwa kelak dipadang Mahsyar, Nabi Shalallahu Alaihi Wasallam mengenal umat beliau dari cahaya yang ada pada wajah mereka.
      Dan menjga wudhu sendiri sebagai Ikhtiar sehingga apabila waktunya didunia telah selesai, maka dia menghadap Allah Azza Wa Jalla dalam keadaan suci.
      Wallahu A'lam Bishawab

      Hapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. Nama : Rani Apeutung
    NPM : 201213012

    Sesungguhnya Allah tidak suka seswatu yang berlebihan dan Allah menykai angka-angka yang ganjil karna itu semua ada makna tersendiri dalam konteks ini Nabi Muhammad selalu mengimformasikan nilai spiritual wudhu yakni membersihkan dosa-dosa kecil yang telanjur di lakukan wudhu tesebut.
    yang menjadi pertanyaannya apakah wudu selama 3 kali MAMPUH membersihkan dosa-dosa kecil tersebut, dan apakah seseorang yang mengerjakan salat tampa wudhu hanya niat karena Allah apakah salatnya di terima.?

    BalasHapus
  28. nama : sitti r marasabessy
    nim : 010304039

    asslamualikum
    tadi di atas pak ada mangatakan bahwa orang yang melakukan wudhu lebih dari 3 KALi bisa dikatagorikan makruh atau juga haram tapi apabila orang tersebut melakukannya tanpa sengaja itu bagaimana pak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segala tindakan, ucapan yg dilakukan tanpa sengaja jika berkaitan dgn hak Allah maka tdk akan dinilai sebagai sebuah kesalahan (dosa). Tetapi ketidaksengajaan yg dilakukan melanggar hak-hak sesama manusia, maka tetap dihitung sebagai kesalahan kecuali telah mendapatkan maaf dr ybs

      Hapus
    2. pak kenapa mengambil wudhu itu tangan kanan yang didahulukan bukan tangan kiri ??
      apa yang membedakan antara tangan kanan dan tangan kiri ??

      Hapus
    3. Kanan adalah simbol kebaikan, bahkan Al-Qur'an menginformasikan bahwa org yg diberikan catatan amalnya dr sebelah kanan pertanda dia adalah ahli surga (golongan org shaleh) sedangkan kiri adalah simbol kburukan. Org yg diberikan catatan amalnya dr sebelah kiri pertanda dia ahli neraka (golongan org durhaka).
      Mendahulukan tangan kanan dripada tangan kiri memberikan pelajaran jg bahwa seharusnya kita lbih mengutamakan kebaikan drpd keburukan.
      Dr sisi kesehatan diketahui, bahwa tangan kiri memberikan efek negatif terhadap makanan yg dipegang dgn tangan kiri.
      Wallahu a'lam bis shawwab

      Hapus
    4. jawabannya simpel aja pak... karena Rasulullah memberikan contohnya seperti begitu yah.. maka begituLah ... coba kalau rasul mencuci yang kiri duLuan... pastiLah sampai ini saat ini kita membasuh anggota wudhu yang kiri duLuan.

      Hapus
  29. Ada beberapa hadits yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW berwudhu sekali-sekali hadits lain juga mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW berwudhu dua kali-dua kali (HR. buchari). Nah terkait dengan apa yang bpk jelaskan di atad ada sdikit brtolak blkang. Mhon pencerahannya..
    Wassalam..

    Oleh : La Juhari
    NPM :2013 12 093
    PRODI : MATEMATIKA
    KLS : 35 B SORE

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud dari wudhu sekali-sekali dan 2 kali-2kali itu gimana ?
      kalau maksudnya basuhan yang sekali-ekali atau 2 kali, itu berdasarkan perintah Wudhu yang ada pda Al-Quran surat Al-Maidah : 6.
      didalam ayat tersebut, Allah hanya menyuruh maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan basuhlah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. yang berarti hanya sekali, tetapi Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasallam menegaskan lewat hadits beliau "1 kali itu dri Allah, 3 kali itu dariku"

      Hapus
  30. Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    Maaf sudah lancang otak-atik di Blog_nya bapak, soaLnya gataL tangan ini membaca pertanyaan-pertanyaan di sini. untuk itu sekali lagi mohon maaf yaa... Pak. oh yaa... saya Mantan Mahasiswa Bapak dulu angkatan 2000.

    BalasHapus
  31. wudhu minimal 3 kali..
    bagiannya ada 8 bagian...

    3 x 8 = 24...

    apa ada kaitannya 24 jam sebenarnya utk kita terus bersuci?

    BalasHapus
  32. Jazakumullahu Khair atas blog-nya pak, semoga bermanfaat bagi yang membacanya.
    Yang saya ingin tanyakan, bagaimana tentang membasuh kepala.
    manakah yang shahih, apakah seluruh kepala, ataukah hanya bagian depan dari kepala saja ???

    BalasHapus
  33. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...
    Alhamdulillah Ala Kulli Hallin Wa Fi Kulli Hallin Wani'mat.

    1. Dapatkah kita berwudhu dengan air banjir yang warnanya kemerahan ?
    kita tau bersama bahwa, pastilah dibalik warna yang kemerahan itu ada kotoran, entah kotoran itu berasal dari bangkai yang ada disekitaran banjir atau bisa saja berasal dari najis-najis manusia dan hewan yang terikut aliran banjir tersebut. Mohon penjelasannya !!!

    2.Apa hukumnya berwudhu didalam kamar mandi ? sedangkan adab-adab didalam kamar mandi salah satunya ialah tidak boleh menyebut sesuatu yang mengingat kepada Allah, lalu bagaimana dengan pengucapan Basmallah, Niat dan Doa setelah wudhu ?

    BalasHapus
  34. Nama : Siti Hartina Tawaulu
    NIM : 15101001

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    berapa takaran air yang dibituhkan ketika berwudhu ???

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Nama : Erna Rukua
    NIM : 15010102

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    adakah dalil membaca basmallah sebelum berwudhu dan bagaimana jika ia lupa ??

    BalasHapus
  37. Nama : Patma Palirone
    NIM : 150101004

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    kadang gusi kita berdarah ketika selesai berwudhu, apakah wudhu kita batal ??

    BalasHapus
  38. Nama : Munira Yapono
    NIM : 15010109

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Adakah dalil melafadzkan niat wudhu ???

    BalasHapus
  39. Assalamu'alaikum Wr. Wb.

    1. mengapa wudhu tidak bisa diulang sebanyak lima kali ? seperti yang kita ketahui bahwa rukun islam ada 5 perkara, kata pada islam ada 5 huruf, Sholat wajib ada 5 kali dalam sehari, bahkan nama Allah ada lima huruf !!!

    2. sah atau tidak apabila kita mengambil wudhu (misalkan pada telinga) dan kita keliru dalam membaca lafadz yang pertama ??

    3. apakah kita dapat mengulangi wudhu untuk menutupi pengambilan wudhu yang pada awalnya terdapat kekeliruan ataukah tidak perlu. mohon penjelasannya !!!!

    Nama : Hulaiva Pary
    NIM : 150101016
    jurusan : Hukum Ekonomi Syariah

    BalasHapus
  40. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh pak
    Saya Ismawaty Djarmadi, NIM : 150101020,
    Jurusan : Muamalah A

    Pertanyaan saya berkenaan dengan apa yang bapak tulis di atas,.. dalam artikel tersebut bapak mengatakan bahwa disyariatkannya kita berwudhu 3 kali layaknya kita bertasbih 33 kali dikarenakan adanya nilai transenden dari angka-angka tersebut yaitu terdapat pada angka 1 & 9 yang dihasilkan dari dikuadrannya angka 3,,., dimana angka 1 merupakan simbol keesaan Allah dan angka 9 adalah simbol Asmaul Husna.,., yang saya ingin tanyakan disini adalah :
    1. Kenapa untuk menghasilkan angka-angka tersebut yang harus dipakai adalah pengkuadratan, bukan penjumlahan, pengurangan, pengalian, atau rumus lainnya,., apa istimewanya pengkuadratan itu ?? bukannya wudhu dan tasbih itu dilakukan step by step, jadi secara analisa bukannya yang lebih baik digunakan itu adalah penjumlahan atau perkalian.,. yang mana angka 1 dan 9 tersebut tidak akan muncul pada akhirnya..!!!

    2. Bapak juga mengatakan bahwa angka 9 dinilai memiliki nilai transenden (nilai ilahiah) karena angka 9 tersebut merupakan simbol asmaul husna,.,. menurut saya angka 9 bukan merupakan simbol asmaul husna melainkan angka 99,, hal ini dikarenakan angka 9 dan angka 99 sangat berbeda layaknya angka 9 dengan 19 maupun angka-angka lainnya,., setiap angka yang ada tentunya memiliki keistimewaan tersendiri, layaknya angka 19 ataupun angka 1,618 (satu koma enam satu delapan) dalam islam yang merupakan angka fibonacci menurut ilmuwan. jadi tidak berarti karena 9 bagian dari 99 bisa dikatakan simbol asmaul husna,., yang jadi pertanyaannya darimana bapak bisa mengemukakan bahwa angka 9 tersebut merupakan simbol dari Asmaul Husna...??

    BalasHapus
  41. Nama : siti hardiyanti
    Nim : 150101023

    asalamualaikum pak,, saya mau bertanya,, apakah kita berkumur saat beerwudu masih tertnggal sisah makaanan yang tdak kita sadari,,, apa hukum sah atau tdak saat kita laksanakan solat. makasih pak

    BalasHapus
  42. Assalamu'Alaikum warahmatullahi Wabarakatuh.

    Apakah diperbolehkan jika seseorang telah berwudhu untuk melaksanakan shalat fardu, misalnya waktu shalat magrib. Kemudian masuk waktu shalat berikutnya (isya). Namun wudhunya sebelum magrib tadi blm batal sampai masuk waktu shalat isya. Apakah dia boleh melaksanakan shalat isya tanpa berwudhu lagi atau tidak.
    Terimakasih pak..
    Wassalam.

    Nama:DahliaTomia
    Nim :150101003

    BalasHapus
  43. nama : nihayatus zain
    nim : 150101021

    assalamu' alakum Wr.Wb.

    pak bgaimana jika seseorang setelah berwudhu tidak memakai sendal untuk menuju ke masjid karena tempat mengambl air wudhunya agak jauh sekitar 8 m dan di masjd tersebut tidak ada sendal apapun. apakah dia sah kalau melakukan sholat dan bagaimana dengan pahala yang dia dapatkan? wassalam

    BalasHapus
  44. Nama: Nana Mardiana Narahaubun
    Nim : 150101022

    Asaalamu'Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

    1. Niat apakah yang dimaksudkan dalam berwudhu dan mandi (wajib)? Apa hukum perbuatan yang di lakukan tanpa niat dan apa dirinya sah atau tidak?

    2. Apakah plester atau perban yang menutupi luka saat berwudhu, dapat menyebabkan wudhu itu sah atau tidak?
    Mohon penjelasannya...

    Wassalam.

    BalasHapus
  45. Nama: Irma yanti Fautngilyanan
    Nim : 150101024

    Assalamu'Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh...

    Apakah diperbolehkan jika seseorang mengumandangkan Azan di Masjid tanpa berwudhu terlebih dahulu?
    mohon penjelasannya...

    Wassalam...

    BalasHapus
  46. Nama: Ahmad Farid Soa
    Nim : 150101010

    Assalamu'alaikum Waramatullahi Wabarakatuh....

    Hal-hal apasajakah yang dimakruhkan dalam berwudhu?

    Wassalam...

    BalasHapus
  47. assalamualaikum wr. wb
    1. kenapa Wudu itu sendiri memiliki kaitannya dengan usaha pembersihan anggota badan? tolong jelaskan.
    2. Apakah tatto yang terdapat pada badan menimbulkan masalah dalam melaksanakan wudhu?

    nama : abdul rajab wakasala
    nim : 150303031
    jurusan : tarbiyah pendidikan matematika
    kelas : A

    BalasHapus
  48. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu........

    mengapa air kelapa tidak dapat di gunakan untuk berwudhu, padahal telah kita ketahui secara bersama bahwa air kelapa itu bersih!!! tolong jelaskan dalilnya!!!

    Nama: Salma walalayo
    Nim : 150303057
    Kelas/ semester:B / II(Dua)
    Jurusan : Pendidikan matematika

    BalasHapus
  49. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu........

    mengapa air kelapa tidak dapat di gunakan untuk berwudhu, padahal telah kita ketahui secara bersama bahwa air kelapa itu bersih!!! tolong jelaskan dalilnya!!!

    Nama: Salma walalayo
    Nim : 150303057
    Kelas/ semester:B / II(Dua)
    Jurusan : Pendidikan matematika

    BalasHapus
  50. di atas dijelaskan bahwa wudhu di syariatkan sebanyak 3 kali,
    1. yang ingin saya tanyakan jika di saat kita mengambil air wudhu tanpa kita sadari kita sudah melebihi apa yang di syariatkan, apakah itu masih bisa di gunakan untuk sholat ataukah kita harus mengambil air wudhu kembali ?
    2.saya ingin menanyakan bagaimana cara mengambil wudhu yang benar,karena banyak para ulama yang berpendapat tentang wudhu yang berbeda-beda ?

    Nama : misni rantimen
    Nim : 150303059
    Kelas/semester : B / II
    Jurusan : pendidikan matematika

    BalasHapus
  51. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.....
    Seperti yang kita ketahui bahwa wudhu mempunyai doa tersendiri yang perlu di baca sebelum melakukan gerakan wudhu.Tetapi yang sering kita lakukan tidak membaca doanya melainkan hanya membaca BASMALLAH saja.Bagaimana pandangan islam mengenai hal tersebut dan di antara keduanya manakah yang lebih baik antara membaca doanya ataukah hanya membaca BASMALLAH saja..
    Nama:Jasna Marasabessy
    Nim:150303042
    Kelas/Semes:B/II
    Jurusan:Pendidikan Matematika

    BalasHapus
  52. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu
    setelah saya membaca artikel diatas saya menyadari betapa besarnya kekuasaan Allah SWT yang masih banyak belum saya ketahui yang tampa saya sadari ada disekitar saya, seperti ketentuan dalam berwudhu. Akan tetapi ada hal yang masih mengganggu pikiran saya. Saya ingin bertanya pak, apa hukumnya jika kita berwudhu sambil bicara dan apa hukumnya jika setelah berwhudu dan kita tertidur apakah wudhu kita itu batal atau bagaimana?, selain itu juga satu hal yang masih menjanggal difikiran saya tentang apakah berwudhu hanya mempunyai manfaat spiritual saja apakah tidak ada manfaat yang terkait secara biologis?

    Nama: Fahrul Jumain Rahman
    NIM:0140403143
    Kelas/Semester: A/II
    Jurusan Pendidikan Matematika

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Kita ketahui bahwa dalam berwudhu selalu mendahulukan anggota tubuh bagian kanan, yang ingin sya tanyakan mengapa harus mendahulukan bagian tubuh yang kanan?
    Selain itu juga saya mendapati ada orang yang berwudhu berpindah tempat dari tempat yang satu ketempat yang lain,, bagaimana hukumnya?
    Nama: La Noi
    NIM:0140403150
    Kelas/Semester:Matek A/II
    Pendidikan Matematika

    BalasHapus
  54. seperti yang diajarkan kepada saya ketika membasuh kepala dalam berwudhu harus dari depan kebelakang kemudian kedepan lagi,nah yang ingin saya tanyakan saya sebagai perempuan ketika sholat dimasjid kadang ada beberapa tempat wudhu tidak begitu tertutup sehingga laki2 bisa saja lewat dan melihat aurat saya, jadi ketika membasuh kepala saya hanya membuka sebagian jilbab dan membasuh bagian atas kepala saya saja memang sih menyentuh rambut tapi tidak sampai kebelakang. apakah itu sah ? dan juga jika membasuh lengan batasnya kan sampai siku nah bagaimana jika kita membasuh lengan tidak sampai siku?
    Nama: APRITA LESTARI
    Jurusan: Pend. Matek A smstr 2
    Nim :150303023

    BalasHapus
  55. bagaimana jika kita mendengarkan kalimat yang tidak baik dan terucap dari mulut orang lain secara tanpa sengaja dapat merangsang ke indra pendengaran kita apakah kita juga akan menanggung bebannya atau tidak ?

    Nama : Dina Tuhuteru

    Jurusan : pend. matek A smstr 2

    Nim :150303028

    BalasHapus
  56. Assalamu'alaikum.Wr.Wb...
    yang ingin saya mau tanyakan kepada bapak adalah jika seseorang yang mandi junub kemudian pergi ke masjid melaksanakan sholat tanpa berwudhu, apakah sholatnya sah atau tidak ?

    Nama : Septo Ali
    NIM : 150303016
    Jur/kls :Pend.Matematika/A
    Semester : Dua (II)

    BalasHapus
  57. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  58. Assalamu'alaikum,,,,wr,,,,wb.
    1. Seorang berniat menjama’ ta’khir antara sholat Maghrib dan Isya’, ketika sampai di masjid dia mendapati jama’ah sedang sholat Isya’ apa yang harus dia lakukan?

    2. Apakah plester, perban, dan semisalnya yang menutupi luka menyebabkan wudhu tidak sah? Bagaimana tatacara wudhu/mandi orang yang kulitnya/lukanya ditutup plester?
    3. Niat apakah yang dimaksudkan dalam berwudhu dan mandi (wajib)? Apa hukum perbuatan yang dilakukan tanpa niat dan apa dalilnya?

    NAMA : AHMAD KILWALAGA
    N I M : 150303030
    CLASS : MATEK/A
    JURUSAN : PENDIDIKAN MATEMATIKA
    SEMESTER : DUA/GENAP

    BalasHapus
  59. Apa yang membedakan tayammum dan wudhu, tolong jelaskan ?
    Nama : Emi Umamit
    Jurusan : Pend. Matek A smstr 2
    Nim :150303007

    BalasHapus
  60. 1.Disaat kita berwudhu, kita mau melaksanakan sholat lalu yang bukan muhrim kita memegang tangan atau anggota badan kita, apakah wudhu kita batal atau tidak ?
    2.Pada saat kita ber selesai berwudhu lalu tanpa sengaja kita memegang kotoran atau najis seperti tai cicak apakah kita berwudhu ulang atau dilap begitu saja ?
    Nama : Ona silimbona
    Jurusan : Pend. MAtek A smstr 2
    Nim : 150303018

    BalasHapus
  61. wudhu,,, yang separti kita ketahui bersama bahwa wudhu juga merupakan syarat yang paling utama dan sangat penting dalam sahnya sholat. namun ada 4 anggota tubuh yang wajib dibasuh saat wudhu diantara anggota2 yang lainnya yaitu; wajah, kedua tangan sampai siku, kepala, kaki hingga mata kaki.
    namun, bukan berarti anggota tubuh yang lainnya seperti: jari2, hidung, dalam mulut (kumur kumur), telinga dan leher harus ditinggalkan terus menerus saat berwudhu namun anggota2 tubuh ini hukumnya hanya sunnah. yang jika dilaksanankan mendapat pahala dan ditinggalkan juga tidak apa2. namun lebih baiknya dilaksanakan kan bernilai positif yang juga bermanffat bagi diri sendiri.

    dan juga allah SWT sangat menyukai sesuatu yang ganjil2 sepaerti 1, 3, 5, 7, 9 dst...
    maka dari itu wudhu diwajibkan hanya 3 kali dibasuh.

    Nama: artika umasugi
    NIM: 150303049
    Jurusan/kelas: matematika/B
    Semester; 2
    sekian dan terima kasih
    wasalam

    BalasHapus
  62. Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakattu ..

    1. Apa hukumnya jika kita berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya saat berwudhu ?

    2. Apa yang di basuh oleh orang yang sedang berwudhu jika tangannya buntung ?

    Nama : Muhammad Khairan Assel
    NIM : 150303017
    Fakultas : Tarbiyah
    Jurusan : Pendidikan Matematika
    Kelas : Matematika ( A )
    Semester : (2) dua

    BalasHapus
  63. Assalamualaikum...Wr...Wb
    kita ketahuai bahwa diantara ayat-ayat Al-qur'an yang membahas tentang wudhu yaitu QS Al-maidah ayat 6 yang artinya:
    Wahai orang-orang yang beriman apabila kamu hendak mengerjakan sohlat hendaklah engkau basuh (cuci) mukamu, kedua tanganmu sampai dua siku, sapulah kepalamu dan basulah kakimu sampai kedua mata kaki.
    di dalam ayat ini hanya dianjurkan untuk membasuh muka, kedua tangtan sampai siku, sapu kepala, dan basulah kaki, tidak dijelaskan untk basuh mulut (kumur-kumur), hidung, dan telinga, apakah ada dalil lain yang menjelaskan tentang hal ini? dan apa hukumnya orang yang mangerjakan wudhu sesuai dengan surah Al-maidah ayat 6?

    Nama : sumirang siompo
    Nim : 150303035
    Kelas: Matek A
    Semester: 2

    BalasHapus
  64. Nama : hamzah wagola
    Nim : 150303009
    kelas : matek (A)
    fakultas: tarbiyah
    assalamualaikum wr wb
    1. apakah ada hadis sohih yang menyatakan bahwa wudhu harus dilakukan sebanyak 3X. tolong jelaskan
    2. apakah bisa mengambil air wudhu untuk setiap anggota wudhu sebanyang satu kali.

    BalasHapus
  65. NAMA : BAKRI MAHULETTE
    NIM : 150303020
    KELAS: matek / A
    FAKULTAS : TARBIYAH
    SEMESTER : 2
    1. bagaimana cara mengambil wudhu ketika orng tersebut cacat
    2. apakah dibolehkan pada saat mengusap kepala hanya pada sedikit rambut di bagian depan (ubun-ubun)?

    BalasHapus
  66. nama : sautri sabualamo
    nim : 150303021
    kelas : matek / A
    apa kaitanya antara integrasi islam dan sains

    BalasHapus
  67. Assalamu'alaikum,,,,wr,,,,wb.
    1.Apakah wanita yang memakai jilbab dan kesulitan untuk mengusap kepalanya langsung boleh untuk mengusap di atas jilbab tanpa melepasnya?
    2.Bagaimana jika seorang yang berhadats ragu apakah ia telah berwudhu atau belum ?

    NAMA : NURAINI SELAN
    N I M : 150303005
    KELAS : MATEK/A
    SEMESTER : DUA/GENAP

    BalasHapus
  68. Asslamu'alaikum,,,wr,,,wb.
    1.Batalkah wudhu kita jika kita sedang Thowaf lalu bersentuhan dengan perempuan , karena laki – laki dan perempuan disana saling berdesak – desakan ?

    NAMA : ADE AYUNI MAHULAUW
    N I M : 150303011
    KELAS : MATEK/A
    SEMESTER : DUA/GENAP

    BalasHapus
  69. assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh....pak yang menjadi pertanyaan saya sini yaitu : bahwa telah kita ketahui,whudu mempunyai tata tertip..jika kita berwhudu sambil berbicara dengan teman,apakah whudu kita tsbt sah atau tidak...? Dan jika kita sesudah berwhudu,kemudian tidak baca doa,apkah whudu sah atau tidak...?

    Nama : Muslimin Maali
    Nim : 150303069
    Kelas. : matek B
    Jurusan: Pendidikan Matematika

    BalasHapus
  70. Assalammuallaikum Warahmatullahi wabarakatu... Pak, 1. Apakah wuduh hanya di wajibkan untuk solat saja, selain dari solat itu tidak diwajibkan 2. Apakah air mandi bisa digunakan untuk berwudu atau tidak, tolong jelaskan. dan kenapa air yang tergenang tidak bisa di gunakan untuk berwudu. Tolong jelaskan.
    Nama : Muhammad Amin
    Nim : 150303037
    Jurusan : Pend. Matematika
    Kelas : Matek B

    BalasHapus
  71. assalamualaikum....wr...wb kenapa sebelum kita sholat, kita harus mengambil air wudhu dulu, kenapa tidak langsung sholat saja tanpa wudhu ??



    NAMA : WA ANI ISHAK IBRAHIM
    NIM : 150303022
    KLS : MATEK /A
    SEMESTER : 2 (DUA)

    BalasHapus
  72. Dalam konteks itu Nabi saw menginformasikan nilai spiritual wudu yakni membersihkan dosa-dosa kecil yang terlanjur dilakukan oleh anggota-anggota wudu tersebut.
    1. Kenapa harus manusia diwajibkan untuk sholat 5 waktu padahal dengan wudhu dapat membersihkan dosa-dosa kecil yang terlanjut dilakukan oleh anggota tubuh.
    2. Kenapa kemaluan tidak termasuk dalam anggota tubuh yang harus dibersihkan pada saat berwudhu, padahal kemaluan juga merupakan angota tubuh yang sering atau kadang melakukan hal yang tidak diingin oleh allah SWT.

    nama: sinta
    nim:150303033
    kelas: A
    jurusan: matematika
    semester: II (dua)

    BalasHapus
  73. Assalamualaikum ,,,wr,,,wb pak, setiap berwudhu itu kan punya doa masing -masing, dari membasuh tangan sampai kaki, yang jadi pertanyaan saya disini bagaimana kalau kita tidak membacanya cuman kita baca doa untuk membasuh muka, apa itu sah atau tidak ??

    NAMA : NURGITA
    NIM : 150303008
    KELAS : MATEK /A
    SEMESTER : 2 (DUA)

    BalasHapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  75. assalamualaikum
    pak yang saya mau tanyakan ialah bagaimana dengan seseorang yang selalu bermunajat akan tetapi tidak dalam keadaan suci,..???
    dan wudhu itu berkaitan dengan usaha pem bersihan anggota badan, yang saya mau tanyakan apakah dengan berwudhu dapat menghapus kesalahan anggota badan yang dibersihkan dengan air wudhu itu,,??

    nama : janati gea
    nim : 0140303042
    klas : matek A semester II

    BalasHapus
  76. assalamu'alaikum
    bagaimana cara mengambil wudhu ketika orang tersebut cacat ?

    NAMA : YANTI KAREPESINA
    NIM : 150303043
    KELAS/SEMESTER : B / II
    JURUSAN : MATEMATIKA

    BalasHapus
  77. assalamualaikum.......wr.......wb

    pak,,pertanyaan:
    1)bagimana ketika orang selesai ber wudhu dan lupa membaca doa,dan langsung pergi untuk sholat apakah wudhu dan sholat nya sah atau tidak.
    2)kira-kira air yang digunakan dalam wudhu itu air apa apa saja?

    NAMA :ANSAR SOULISSA
    NIM :15030305O
    KLS/SEMESTER :B/II
    JURUSAN :MATEMATIKA

    BalasHapus
  78. assalamuallaikum
    pak, apakah orang yang bertato bila ia berwudhu apakah wudhunya tidak batal????

    Nama : Sutina Liliwana
    Nim : 150303058
    Kelas : Matematika B/2

    BalasHapus
  79. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.....
    Ketika seorang perempuan yg telah mengambil wudhu untuk melaksanakan sholat,ketika selesai berwudhu dengan tidak sengaja adik laki-laki kandungnya yang sudah baliq menyentuhnya.
    Apakah perempuan itu dapat melaksanakan sholat ataukah harus kembali berwudhu, seperti yang kita ketahui bahwa bersentuhan dengan lawan jenis akan membatalkan wudhu, berikan penjelasan yang bapak ketahui !!

    Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh....
    Nama : iriyanti margono
    Nim : 150303038
    Semester : 2
    Kelas : B
    Jurusan :Pendidikan matematika

    BalasHapus
  80. Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..


    Ketika seseorag mau melaksanakn shalat brjamaah, tetapi dlm menjlnkan shalat trsebut trnyata seseorg itu sudah terlambat 2 rakaat, tetapi ia trus melanjutkn shalat brjamaah dgn mengikuti imam, kira" bgaimna cra untk mengantikan 2 rakaat yg tlah trlawati, Dan apakah niat shalatx tetap sma atau tdk berikan pnjelasanx?

    Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. ......

    Nama : ani papalia
    Nim : 150303060
    Semester : 2
    Kelas : B
    jurusan : pendidikan matematika

    BalasHapus
  81. Asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh..


    Ketika seseorag mau melaksanakn shalat brjamaah, tetapi dlm menjlnkan shalat trsebut trnyata seseorg itu sudah terlambat 2 rakaat, tetapi ia trus melanjutkn shalat brjamaah dgn mengikuti imam, kira" bgaimna cra untk mengantikan 2 rakaat yg tlah trlawati, Dan apakah niat shalatx tetap sma atau tdk berikan pnjelasanx?

    Wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. ......

    Nama : ani papalia
    Nim : 150303060
    Semester : 2
    Kelas : B
    jurusan : pendidikan matematika

    BalasHapus
  82. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.....
    Ketika seorang perempuan yg telah mengambil wudhu untuk melaksanakan sholat,ketika selesai berwudhu dengan tidak sengaja adik laki-laki kandungnya yang sudah baliq menyentuhnya.
    Apakah perempuan itu dapat melaksanakan sholat ataukah harus kembali berwudhu, seperti yang kita ketahui bahwa bersentuhan dengan lawan jenis akan membatalkan wudhu, berikan penjelasan yang bapak ketahui !!

    Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh....
    Nama : iriyanti margono
    Nim : 150303038
    Semester : 2
    Kelas : B
    Jurusan :Pendidikan matematika

    BalasHapus
  83. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  84. Assalamu'alaikum
    pak yang akan saya tanyakan ialah bagaimana dengan seseorang yang sedang melaksanakan sholat kemudian dia merasa sesuatu keluar dari qubul dan dubulnya,apakah dia harus tetap melanjutkan sholatnya ataukah dia harus membatalkan sholat dan kembali berwudhu ??

    NAMA : JENA SAMPULAWA
    NIM : 150303045
    KELAS/SEMESTER : B/II
    JURUSAN : PEND.MATEMATIKA

    BalasHapus
  85. Assalamu'alaikum,,wr,,,wb.
    Apakah seorang wanita yang memakai kuteks atau pewarna kuku wuduhnya masih dikatakan sah atau tidak dan mengenai ilham yang dijelaskan, dan kalau bahwa ilham adalah peristiwa luar biasa yang terjadi kepada anak syaleh, salah satunya ytang imaksud ilham adalah pemikiran yang tak terduga, dari mana asal pemikiran tersebut, pertanyaan saya disini adalah jika ilham itu terjadi pada anak yang durhaka apakah masih dikatakan ilham atau tidak jika ia apa alasannya dan jika tidak apa alsannya ?

    NAMA : NURMIN WALI
    N I M : 150303002
    KELAS : MATEK/A
    SEMESTER : DUA/GENAP

    BalasHapus
  86. Assalamua'laikum,,wr,,wb
    pak saya ingin tanyakan yaitu:
    1. kapan pertama kali nabi mendapatkan perintah untuk berwudhu
    2. mengapa dalam berwudhu yg dianjurkan rasulullah membasuh kepala hannya satu kali, padahal yg kita tahu dalam berwudhu semua dilakukan selama 3 kali.
    NAMA : BAMBANG SOLISSA
    NIM : 150303070
    KLS/SEMESTER : MATEK B/2

    BalasHapus
  87. NAMA : MUHAMMAD HANAFI RAHANTAN
    NIM :150303068
    KLS/SEMESTER : MATEK B/2
    ASSALAMUA'LAIKUM,,WR,,WB
    Pak saya ingin bertanya tentang beberapa hal tentang wudhu yaitu ;
    1. Mengapa wudhu sebagai landasan utama dalam shalat, pada kita tahu bahwa niat adalah yg utama dalam shalat.
    2. Ketika kita berbohong, mengambil wudhu dapat menghapus dosa-dosa berbohong tadi.
    mohon penjelasannya dari bapak, saya menunggu penjelasannya.

    BalasHapus
  88. assalammualaikum , wr. wb..
    pak, saya ingin bertanya yaitu:
    sehubungan dengan penjelasan wudhu diatas terlintas di fikiran saya tentang bagaimana cara wudhu yang kita lakukan denngan belajar berwudhu lewat buku kunci ibadah apakah sudah benar dan sesuia dengan syariatnya serta apakah sholat kita di terima karna menurut teman saya beradasarkan kitab qulqulmarom cara berwudhu yang kita ikuti dari kunci ibadah belum benar atau keliru untuk itu saya minta penjelasannya dari pak ..

    nama : sarudin la upa
    nim : 0140303067
    jurusan : P. Matematika

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepanjang cara wudu pada anggota wudu yang menjadi rukun dibasuh/disapu dengan benar, maka wudunya insya Allah sah. Cara membasuh anggota wudu sendiri terdapat perbedaan pendapat ulama. Misalnya, membasuh siku. Ada yang menganggap siku masuk anggota wudu yang harus dibasuh saat berwudu tapi ada juga yang menganggap siku sebagai batas.
      Begitu juga menyapu kepala, ada yang berpendapat cukup menyapu beberapa helai rambut tp ada juga yang mengharuskan menyapu sebagian kepala.
      Wallahu a'lam bis shawwab

      Hapus
  89. Nama Nur hayati
    II/Pendidikan Matematika/A
    .
    Bgaimna pendapat bapak tentang perbedaan antara orang yg berwudu di awal waktu dan diwaktu yg sdh di tentukan ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berwudu tidak dibatasi dan ditentukan oleh waktu tertentu. Bahkan ada sahabat yang didengar bunyi sendal (langkah kaki)nya di surga lantaran dia membiasakan salat sunat setiap berwudu (salat sunat wudu).
      Begitu juga orang yang selalu menjaga wudunya. Sehingga dia pasti akan berwudu meskipun sudah salat (menunggu salatberikutnya).
      Wallahu a'lam bis shawwab

      Hapus
  90. Fatmawati.Laitupa
    180303009
    2/pendidikan Matematika/A
    Assalamualaikum.. wr.. wb
    Bapk saya ingin brtanya. Brwudhukn haruslah trtib. Prtanyaan saya.
    1. bgaimana hkum orng yang brwudhu dngan trgesa" smpai melupakan bgian" yng wajib di basuh atwpun lupa mmbaca niat brwudhu dngan bnar saat wktu shalt tlah tiba. Apakh ia hrus mngulang wudhunya atw bgaimana.
    2. Bagaimana hukum orng yang brwudhu dngan air dlam bjana bsar yng tdak trttup atw trbuka . Terima Kasih
    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Berwudu memang harus tertib, berurutan sebagaimana disebutkan dalam al-Qur'an dan hadis Nabi saw (ibda' bimaa bada'allahu bih. Menurut maszhab Syafi'i kalau berwudu tidak tertib, maka wudunya tidak sah. Begitu juga tidak berniat wudu (bukan membaca niat, sebab niat itu dalam hati, tidak harus dilafalkan).
      Kalau wudunya tidak sah, maka salatnya juga tidak sah.
      2. Kalau air dalam bejana tsb tidak kena najis, maka airnya suci lagi menyucikan. Sebaliknya, kalau kena najis maka airnya menjadi mutanajis sehingga tidak sah diguanakan untuk berwudu
      Wallahu a'lam bis shawwab

      Hapus
  91. assalamualaikum
    Nama: RATNA LAODE MANI
    NIM : 180303005
    SEMESTER: 2
    JURUSAN: PENDIDIKAN MATEMATIKA
    terimah kasih atas postingan yang begitu bermanfaat.
    disini saya ingin memberikan Pertanyaan dimana. jika seorang orang tua yang kadang" pikun. saat mengambil wudhu ia lupa sudah berapa kali. apakah harus di ulang atau kah dilanjutkan. dan bagaimana jika ia lupa dan ternyata hanya 2 kali apakah wudhunya sah atau tidak.

    dan bagaimana jika kita mengambil wudhu namun kita menyadari bahwa pakaian yang kita kenakan terkena percikan najis apakah itu sah atau tidak.
    terimah kasih pak.

    RATNA LAODE MANI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelupaan terhadap hak Allah itu dimaafkan. Selain itu meskipun hanya mengulang anggota wudu 2 kali (misalnya membasuh muka 2 kali), wudunya tetap sah. Diulangi 3 kali hukumnya sunat, bukan rukun. Karena itu tidak perlu diulangi lagi wudunya.
      Mengenakan pakaian yang terkena percikan najis meskipun sudah kering namun tidak sah dipakai untuk salat.
      Wallahu a'lam bis shawwab

      Hapus